- Definisi dari E-Commerce
Electronic commerce (EC) merupakan konsep baru yang bisa
digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa padan World Wide Web
Internet (Shim, Qureshi, Siegel, Siegel, 2000) atau proses jual beli atau
pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi.
Dorongan-dorongan bisnis menimbulkan tekanan dalam
organisasi. Organisasi merespons dengan aktivitas yang didukung oleh TI secara
umum dan EC pada khususnya. Untuk membantu anda memahmi pengaruh tekanan bisnis
pada organisasi, kami akan menggunakan sebuah kerangka manajemen klasik yang
semula dikembangkan oleh Levitt, lalu dimodifikasi Scott-Morton (Scott-Morton
dan Allen, 1994), kemudian kami modifikasikan lagi, untuk mencerminkan peran TI
secara umum dan E-Commerce pada khususnya.
Kemudian definisi lebih lanjutnya dalam setiap bidang :
- Dari perspektif komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
- Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
- Dari perspektif online, E-Commerce kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Demikianlah, banyak yang lebih suka menggunakan istilah
e-businees, yang mengacu pada definisi E-Commerce secara lebih luas, tidak
sekedar menjual dan membeli, namun juga berarti melayani pelanggan dan
berkolaborasi dengan patner bisnis, serta pelaksanaan transaksi elektronis
dalam suatu organisasi.
- Sejarah E-Commerce
Sejarah perkembangan E-commerce di dunia di mulai dari
kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah
E-commerce. Pada awalnya, internet merupakan koperasi komputer yang tidak
dimiliki siapapun. Internet lahir pada tahun 1969 ketika sebuah kelompok peneliti
di Departemen Pertahanan Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA,
Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di
Santa Barbara. Hubungan ini dilakukan untuk menciptakan sebuah jaringan untuk
berkomunikasi antara satu dengan yang lain mengenai proyek-proyek pemerintah.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet-ARPA lebih jelasnya Advanced
Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga
tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas dan agensi-agensi militer
telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer
yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian (country) dan dunia. Seiring
dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara
militer dan kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer,
jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain (interconnected), inilah
awal mula "Internet".
Sejarah Singkat dan definisi ecommerce :
Perkembangan Teknologi Informasi telah berhasil menciptakan
infrastruktur informasi baru. Internet memiliki beberapa daya tarik dan
keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, misalnya dalam hal kenyamanan,
kecepatan data, akses 24 jam sehari, efisiensi, alternatif ruang dan pilihan
yang tanpa batas, personalisasi, sumber informasi dan teknologi yang potensial
dan lain lainnya.
Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak
transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa
‘Digital Marketing’
Pada awal penerapan electronic commerce yang bermula di awal
tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer(EFT). Saat
itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar,
lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang
nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI ( Electronic
Data Interchange). Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi
lainnya yang membuat perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari
lembaga-lembaga keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya.
Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari
trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem
tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.
- Klasifikasi E-Commerce
Penggolongan E-Commerce yang lazim dilakukan orang ialah
berdasar sifat transaksinya. Tipe-tipe berikut segera bisa dibedakan :
- Business-to-business (B2B). Kebanyakan E-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. E-Commerce tipe ini meliputi transaksi IOS yang digambarkan tadi serta transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert.
- Business-to-consumer (B2C). Ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen, atau seorang pelanggan. Contoh yang lain, misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dan sebagainya.
- Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya.
- Consumer-to-business (C2B). Termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk-produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
- Nonbusiness E-Commerce. Dewasa ini makin banyak jumlah lembaga non-bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga-lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya, memperbaiki purching) atau untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.
- Keuntungan dan Kerugian dari E-Commerce
Keuntungan dari E-Commerce :
- Revenue Stream (Aliran Pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan biaya operasional (operating cost).
- Melebarkan jangkauan (global reach).
- Meningkatkan customer loyality.
- Meningkatkan supplier manajement.
- Memperpendek waktu produksi.
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Kerugian dari E-Commerce :
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena ada kecurangan.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti listrik yang tiba-tiba padam.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
- Kerugian yang tak terduga.
- Hacking atau peretasan pada sebuah situs.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar